ISC Wadah Entrepreneur Muda Indonesia

Pernah menemukan judul buku di toko buku seperti “Duit Ngalir dengan Bisnis Online” atau “Cara Gampang jadi Kaya Raya?” Apapun itu, pada kenyataannya tidak ada yang semudah membalik telapak tangan, tanpa ilmu dan jam terbang memadai.

Bahkan, trial dan error yang menghabiskan energi, pikiran, dan uang pun pastinya tidak bisa dihindari begitu saja oleh wirausaha pemula   Ya,  berbeda dari tren 10-20 tahun lalu, memulai usaha atau bisnis sendiri kini dianggap keren dan menjadi dambaan banyak orang, terutama kalangan muda. Namun, beda dulu tentu beda sekarang. Kompetisi yang kian menggila dan kemudahan mengakses beragam informasi justru menjadi tantangan tersendiri bagi wirausaha pemula.

ISC Wadah Entrepreneur Muda Indonesia

Meski euforia entrepreneurship atau creative preneurship menjadi hits di mana-mana, bukan berarti segala sesuatunya jadi lebih mudah. Dalam banyak industri, mayoritas start up UKM (bisnis yang belum berumur 5 tahun) biasanya mengalami kegagalan pada tahun pertama hingga beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan riset, salah satu kegagalan para UKM disebabkan karena tantangan untuk mendapatkan pendanaan, sistem penjualan yang kurang tepat dan juga kurangnya dukungan. Dalam beberapa kasus, kondisi perlambatan ekonomi serta produk yang tidak cocok dengan permintaan pasar juga menjadi faktor penyebab.

Padahal , di era sosial media dan teknologi saat ini, semestinya lebih memudahkan banyak  calon pengusaha untuk memulai bisnis pertamanya. Lalu, apa yang menyebabkan banyak perusahaan mengalami kegagalan, meski data konsumen melalui teknologi bisa didapatkan dengan mudah?

Nah, karena begitu banyaknya tantangan yang dihadapi, wirausaha pemula tentu harus memupuk terus ilmu dan keterampilannya agar lebih mampu beradaptasi dengan perubahan zaman dan tren.

Lalu, di mana anda harus belajar? Kampus? Bisa saja. Tapi, bagaimana jika anda sendiri terlanjur tidak punya latar belakang kuliah bisnis? Jawabannya adalah bergabunglah di komunitas-komunitas yang bisa membantu anda meningkatkan kinerja bisnis dan penjualan.

Dan, saat ini sudah tidak sulit bagi anda untuk belajar dari orang-orang yang rela berbagi pengalaman ilmu bisnis. Caranya adalah bergabung menjadi anggota  ISC atau kepanjangan dari Inspirasi Solusi Community (Komunitas Para Entrepreneur Muda Indonesia).

Buat anda yang tertarik untuk belajar bisnis networking atau baru memulai bisnis start up yang (berbasis teknologi), ISC bisa menjadi wadah yang mengakomodasi kepentingan anda untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya melalui pelatihan dan training. Anda juga bisa memperoleh kesempatan untuk mendapat komisi dan bonus  menarik dari beberapa perusahaan yang tergabung di Komunitas ini.